Efek Samping Minyak Ikan Jika Dikonsumsi Secara Berlebihan

Segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan tidaklah baik!

Efek Samping Minyak Ikan Jika Dikonsumsi Secara Berlebihan

Efek Samping Minyak Ikan Jika Dikonsumsi Secara Berlebihan

Minyak ikan merupakan supelemen yang telah terkenal memberikan banyak nutrisi danmanfaat berlimpah bagi tubuh. Didalamnya mengandung omega-3 yang bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung, tekanan darah tinggi, kanker, depresi, masalah neurologis, gangguan kulit, gangguan psikologis, diabetes, gangguan kekebalan tubuh dan arthritis. Namun tahukah anda bahwa konsumsi minyak ikan setiap hari dapat menimbulkan kerugian dan efek samping berbahaya bagi tubuh kita? Lantas apa saja efek samping yang ditimbulkan oleh minyak ikan tersebut? Berikut rinciannya ↵

Ada beberapa para ahli kesehatan yang mengatakan jika minyak ikan dapat menimbulkan efek samping apabila di konsumsi oleh penderita diabetes. Mereka dapat berisko untuk mengalami pendarahan. Orang-orang yang memiliki kolesterol tinggi, orang yang yang alergi ikan, anak-anak dan wanita hamil atau menyusuipun harus berhati-hati. Jika tidak dikonsumsi berdasarkan dosis yang tepat, maka dapat menimbulkan efek samping yang merugikan tubuh

Kita tidak pernah tahu mengenai keamanan yang sebenarnya dimiliki oleh supelemen minyak ikan yang dikonsumsi. Seiring perkembangan zaman, kini ada banyak industri-industri yang melepaskan limbahnya kelaut dan membuat air menjadi terkontaminasi berbagai racun. Kontaminan seperti methylmercury, PCB dan dioxin dapat ditemukan di dalam beberapa jenis ikan. Oleh sebab itu, jika anda berniat mengambil supelemen minyak ikan pastikan telah terdaftar di BPOM . Bayi, anak-anak dan ibu hamil sangat dianjurkan untuk membatasi konsumsi minyak ikan, agar terhindar dari hal yangtidak dinginkan.

Jika anda penderita hipertensi, maka berhati-hatilah saat anda konsumsi minyak ikan, karena ia dapat menurunkan tekanan darah. Sehingga apabila anda mengambil obat penurun tekanan darah dan dibarengi dengan konsumsi minyak ikan, dikhawatirkan akan jatuh ke shock atau pingsan.

Dapat menyebabkan alergi seperti ruam kulit, gatal-gatal, bengkak, kesulitan bernafas, pembengkakan di tenggorokan.

Gangguan pencernaan. Beberapa orang mengalami diate setelah mereka konsumsi minyak ikan dalam jumlah yang banyak. Mereka juga mengklaim menjadi sakit maag, bau mulut, sendawa, nyeri perut, kembung, dll.

Untuk mengurangi atau menghilangkan masalah ini, hendakya berkonsultasi terlebih dahulu dengan para ahli kesehatan dan konsumsi obat sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Hubungi dokter jika anda mengalami efek samping seperti jantung berdebar, gejala flu, demam dan nyeri dada. Selain itu, harap dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter apabila anda memilki riwayat penyakit gagal jantung kongestif, memakai suntikan insulin, mudah memar, mengidap diabetes, memiliki kolesterol tinggi, sedang hamil dan menyusui, serta berhati-hati jika anda akan memberikannya kepada anak-anak, terutama mereka yang berusia dibawah 5 tahun.

Leave a Reply