Cara menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah

Tahukah anda bahwa pembuluh darah yang sehat berperan penting dalam menjaga tubuh agar tetap baik?

Cara menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah

Jantung dan pembuluh darah adalah suatu hal yang tidak bisa dipisahkan, karena ini merupakan kunci agar manusia tetap bertahan hidup. Ketika jantung kehilangan fungsi, maka pembuluh darah akan terganggu, begitu pula sebaliknya. Apabila pembuluh darah tidak berfungsi dengan baik, maka akan mempengaruhi jantung. Disini kami akan memberikan beberapa tips, yang bisa digunakan untuk mengembalikan fungsi normal tubuh dan menjaga tubuh agar tetap prima dan sehat setiap hari. Salah satu tips yang paling banyak di bicarakan oleh para ahli kesehatan ialah tentang mengatur pola makan yang baik. Pada sebuah studi penelitian, mereka mencatat bahwa orang dewasa usia 25 tahun keatas tidak memperdulikan makanan apa yang mereka konsumsi, yang pada akhirnya mengganggu metabolisme tubuh dan menimbulkan berbagai penyakit degeneratif, seperti kolesterol tinggi, hipertensi, diabetes, penyakit jantung, dll. Berikut ini adalah beberapa sumber makanan yang baik di konsumsi setiap hari, terutama bagi mereka yang mengidap penyakit yang telah kami sebutkan sebelumnya.

Cara Menjaga Kesehatan Jantung Dan Pembuluh Darah

  1. Cara menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah yang pertama ialah dengan konsumsi buah alpukat. Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi buah alpukat dapat membersihkan aliran darah dari berbagai zat asing yang tidak sehat seperti kolesterol. Para ilmuwan mengatakan bahwa alpukat dapat menurunkan kolesterol dan trigliserida dalam darah sekitar 22% dan meningkatkan kolesterol sehat sebanyak 11%. Hal ini baik untuk menjaga pembuluh darah dari berbagai ganguan.
  2. Cara sehat yang kedua ialah dengan cara menambahkan brokoli pada menu makanan anda setiap hari. Sayur brokoli ini terbukti mengandung banyak vitamin K, yang dapat membantu mencegah pengapuran tulang dan pengerasan pada pembuluh darah. Brokoli mengandung sejumlah vitamin dan antioksidan yang dikemas untuk mencegah oksidasi kolesterol jahat, yang dapat menyebabkan kondisi jantung serius. Sayuran super sehat ini juga bermanfaat bagi kesehatan jantung, karena dapat menormalkan tekanan darah dan mengurangi stres.
  3. Tips sehat ketiga ialah dengan menambahkan asparagus kedalam menu makan anda. Sayuran ini baik untuk membersihkan pembuluh darah pada tubuh anda, kaya akan serat dan sejumlah mineral, juga vitamin yang melimpah seperti vitamin K, B1, B2, C dan E. Asparagus dapat menurunkan tekanan darah dan mencegah pembekuan darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Menurut seorang ahli kimia organik dan penulis Over-The-Counter Natural Cures Shane Ellison,  mengatakan bahwa “Senyawa sehat yang terdapat didalam asparagus mampu meningkatkan fungsi pembuluh darah, mencegah tekanan berlebihan, serta menyingkirkan akumulasi lemak kolesterol dan melindungi jantung”.
  4. Cara menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah yang terakhir ialah dengan mengkonsumsi buah delima. Didalamnya mengandung phytochemical yang bertindak sebagai antioksidan untuk melindungi lapisan pembuluh darah dari kerusakan, papar Dr Gregg Schneider. Selain itu, komponen antioksidan yang terkandung dalam buah ini juga bermanfaat untuk menghilangkan kolesterol jahat dan melancarkan aliran darah.

Seperti yang telah disebutkan diatas, penyebab menonjol dibalik gangguan pada pembuluh darah dan jantung idalah akibat pola makan yang buruk. Untuk menjaga organ tetap sehat, anda juga di sarankan untuk tidak merokok. Sekian tips sehat dari kami ,semoga bermanfaat 🙂

Topik terkait : obat penyakit gagal jantung kongestif

Leave a Reply